Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus : Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar

FOTO : Kadisdik Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus.

SUARA DESA -


Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP, melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas. Sitorus menyampaikan terima kasih kepada semua kita sehingga acara ini terlaksana dengan penuh kekeluargaan.
 
Suasana ini akan hidup penuh tawa, karena yang selama ini kita meminta siswa menyampaikan sesuatu tugas ke depan tanpa teks, kali ini kita semua tanpa terkecuali akan menyebutkan 7 Perintah Harian Bupati Batu Bara tanpa teks.
 
Ia juga menyampaikan salam dari Bupati Batu Bara karena tidak bersama kita di sebabkan saat bersamaan Bapak Bupati mengikuti kegiatan di luar kota terkait Rapat TPID, maka tidak bisa bersama di sini.
 
“Tetapi ada salam buat kita melalui saya yaitu “ Selamat HUT PGRI, Selamat Hari Guru Nasional (HGN) dan Selamat Mengikuti Lomba” ucap Bupati Batu Bara melalui Kadisdik Ilyas yang juga ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kabupaten Batu Bara Priode 2020 – 2025 yang di sambut tepuk tangan oleh peserta lomba.
 
Walaupun tidak semua sempurna kata perkatahingga kalimat secara utuh, tetapi saya senang dan bangga semua kawan – kawan Ka UPTD SMP sudah paham inti 7 Perintah Harian di maksud dan semoga tetap menjadi penyemangat kita dalam bekerja sekaligus sebagai rambu – rambu kita dalam melaksanakan tugas kedinasan kita, “ pesan NcekliSafaan akrab Kadisdik Batu Bara ini.
 
Di samping itu Ilyas juga menyampaikan, bahwa aplikasi Kahoot.id ini dapat di pakai dalam pembelajaran kita di sekolah, Kahootini merupakan platform pembelajaran berbasis game atau kuis trivis. Dalam aplikasi ini pengguna bisa membuat dan menjawab kuis pilihan ganda.
 
Di sisi lain dalam fitur yang di sediakan oleh Kahoot memungkinkan jajaran kita dalam pendidikan khususnya sekolah membuat kuis trivia, bahkan kuis tersebut bisa di gunakan untuk pre – test sebelum memulai ajaran yang baru.
 
“Sehingga siswa akan lebih interatif menerima dan menjalankan kuis yang di berikan agar tidak monoton dan membuat siswa lebih fokus terhadap pembelajaran, silakan dalami dan manfaatkan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di sekolah, “ terang Ilyas.
 
Kadisdik juga menyampaikan terima kasih kepada Ka UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh, bahwa semua ruang kelas yang saya liat telah terpasang Proyektor dan Lactob sebagai pelengkap sarana dalam pembelajaran, dengan demikian di harapkan pembelajaran semakin menarik dan baik, sehingga akan terjadi peningkatan mutu Pendidikan di UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh ini.
 
“Di akhir sambutannya Kepala Dinas Pendidikanyang juga ketua PGRI kabupaten Batu Bara Ilyas. Sitorus mengatakan, kutipan beberapa bait tentang Guruku Hebat. Bagaimana tidak hebat, tiap hari menompang martabat walau kadang tak bersahabat. Namun tetap harus tetap kuat.......Guruku tetap hebat, dalam kekurangan tetap bertahan, dalam kesederhanaan tetap diam, dalam kemakmuran tetap tenang....”Selamat HUT PGRI dan Selamat HGN ke – 75 Tahun 2020 “, Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar.
 
Sementara itu, Ketua MKKS SMP kabupaten Batu Bara, TobokL. Situmorang, bahwa Melawan Lupa merupakan tema yang sengaja diangkat dalam menyambut dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) ke – 75 Tahun 2020.
 
“Mengapa melawan lupa, karena salah satu yang di perlombakan adalah menyapaikan7 Perintah Harian Bupati Batu Bara Ir. Zahir. M.AP, oleh Ka UPTD SMP Negeri dan Swasta tanpa Teks, “ beber Tobok.
 
Di katakan Tobok, bahwa kegiatan melawan lupa ini, selain menyebutkan 7 Perintah Harian Bupati Batu Bara juga memperlombakan Cerdas Cermat Via Aplikasi Kahoot.id atau melakukan permainan melalui Game  / Kuis Trivia, “ ungkap Ketua MKKS.
 
Selanjutnya, Ka UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh Ponyem selaku yang mengatur lomba mengatakan, yang bertindak sebagai Tim Juri dalam kegiatan di maksud adalah Kabid Dikdas Irwansyah, Kabid Budaya Hj. Halimah dan Kasi Peserta Didik Hasbullah dan penanggung jawab Lomba Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor.
 
Hasil perlombaan untuk menyampaikan tanpa Teks Perintah Harian Bupati Batu Bara adalah, Juara I : Rahmadsyah Rangkuti (Ka UPTD SMPN 2 Lima Puluh Pesisir), Juara II : Israwani (Ka UPTD SMPN 1 Tanjung Tiram), sedangkan Juara III : Aisyah (Ka UPTD SMPN 2 Talawi).
 
Selanjutnya untuk kegiatan Lomba Cerdas Cermat, Juara I : Kecamatan Datuk Lima Puluh atas nama Rr.Puji Ningtias dan TobokL.Situmorang, Juara II : Kecamatan Lima Puluh Pesisir atas nama Rahmadsyah Rangkuti dan Imanto, sedangkan untuk Juara III : Kecamatan Datuk Tanah Datar atas nama Hotmaidah Ritonga.
 
“Dan seluruh peserta mendapatkanhadiah hiburan dari Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus Ketua PGRI, “ ujar Ponyem kepada awak media yang berkesempatan hadir di lokasi kegiatan, dan semua peserta lomba mendapatkan hadiah hiburan selain hadiah sebagai Juara I, II dan III dari masing – masingkategori lomba, Selasa (24/11/2020).
 
Hadir dalam kesempatan tersebut selain Kadisdik kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus juga hadir Sekdis Disdik Darwinson Tumanggor, Kabid Budaya Hj.Halimah, Kabid Dikdas Irwansyah, Kasi Peserta Didik Hasbullah, Ketua MKKS SMP Tobok L. Situmorang serta Ka SMP Negeri SE – kabupaten Batu Bara dan Media Cetak, Online dan Elektronik.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko
 

No comments

Powered by Blogger.