LSM KPK Nusantara dan PIN RI, Pertanyakan Proyek Jalan Hotmix Pantai Sejarah

FOTO : LSM KPKN pantau kondisi jalan yang baru selesai di kerjakan sudah rusak (24/11).
 
SUARA DESA -

Proyek peningkatan ruas jalan pantai Sejarah yang di kerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Batu Bara di duga sarat permasalahan dan terindikasi KKN.
 
Pasalnya, hasil penelusuran LSM Komunitas Pemantau Korupsi Nusantara (KPKN) dan Lembaga Tinggi Komando Pengendalian Stabilitas Ketahanan Nasional Pers Informasi Negara RI di lapangan menemukan adanya dugaan proyek tersebut tidak sesuai RAB dan tidak sesuai petunjuk teknis.
 
Proyek jalan Hotmixyang sejatinya menghabiskan APBD Tahun 2020 berkisar 641.139.050.54, namun secara kasat mata proyek yang berlokasi di pantai Sejarah desa Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir, kabupaten Batu Bara tersebut di duga tidak sesuai standarisasikelayakan dan juknis sehingga mengurangi kualitas pekerjaan.
 
Menurut ketua PIN RI kabupaten Batu Bara M.Hamdani Batu Bara mengatakan, bobot ketebalan aspal di duga kuat di kurangi. Maka dugaan terjadi Mark Up anggaran pada proyek jalan Hotmix tersebut.
 
“Diduga adanya dugaan volume pekerjaan di kurangi, dan proyek tersebut di duga tidak sesuai standar yang di persyaratan, “ ujar Hamdani kepada Suara Desa di lokasi, Selasa (24/11/2020).
 
Pihaknya menduga proyek yang di kerjakan CV Arafah di kerjakan asal jadi dan tidak berpedoman Peraturan Menteri PU No 19 / PRT / 2011 tentang persyaratan teknis dan kriteria persyaratan teknis jalan ada unsur dugaan pemufakatan jahat.
 
Tambah, LSM KPKN juga menemukan pada proyek Hotmix Pantai Sejarah di kerjakan tidak sesuai standar sehingga kualitas Hotmix di pertanyakan.
 
“Dalam Proyek Jalan pantai Sejarah menuju perkantoran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini patut di duga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) melakukan pembiaran terhadap rekanan kontraktor, “ kata Asrizal.
 
Dia juga mengingatkan Kepala Dinas PUPR kabupaten Batu Bara terkait Penyalagunaanwewenang / jabatan untuk mencari keuntungan pribadi adalah tindak pidana korupsi.
 
Sementara itu Sekretaris Dinas PUPR kabupaten Batu Bara Bonar saat di minta keterangan melalui hp selulernya terkait retaknya Hotmix Pantai Sejarah yang baru hitungan Minggu selesai di kerjakan mengatakan dengan singkat kirimkan saja nama pekerjaannya biar nanti saya telepon PPK nya.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.