Penyerahan Alat Press Pisang Sale Dan Alat Scaler Oleh Bupati Batubara

FOTO : Bupati Batubara Ir Zahir di dampingi Ketua TP-PKK melihat alat pres pisang sale (18/11).

SUARA DESA -

Bupati Batubara Ir Zahir MAP berkeinginan seluruh masyarakat dapat turut aktif dalam mengembangkan potensi yang di miliki desa, terutama saat ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pendemi Covid-19.
  
Demikian dikatakan Bupati Zahir saat penyerahan alat press dan alat Scaler plastik di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Kamis (19/11/2020).
 
Setelah alat pres ini di bagikan kepada masyarakat dan pisang sale sudah di produksi, langkah yang harus di selesaikan yakni izin Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), dimana izin Produk di peruntukan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan.
  
"Segera selesaikan izin PIRT ke Dinas Koperindag, saya tunggu 10 sampai 15 hari. Saya rasa waktu itu sudah cukup", ungkapnya.
 
Selain itu, izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), silakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, selanjutnya Label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bila perlu di siapkan izin Hak atas Kekayaan Inteltual (HAKI) dari Kemenkumham, sehingga kemasan pisang sale dengan merk Melati adalah milik Desa Sumber Makmur.
  
"Maka ini hari di Desa Sumber Makmur juga mempunyai produk pisang sale, dengan begitu Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara memberikan bantuan alat canggih presan pisang sale yang sebelumnya menggunakan alat tradisional", ujar Zahir.
 
Bupati Batubara Ir Zahir MAP yang di dampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Batubara Ny Maya Indriasari Zahir mengatakan, dimana situasi Pandemi Covid-19 ini semua daerah menginginkan pemulihan ekonomi nasional, selain itu setiap daerah menginginkan punya produk-produk tersendiri seperti di Desa Lubuk Hulu di sana mempunyai produk empeng.
  
"Dengan alat canggih ini kedepannya produksi semangkin meningkat, dan pemberian bantuan ini tidak ada batasan, itulah salah satu yang sudah di sampaikan oleh Bapak Presiden untuk pemulihan ekonomi nasional itu yang di mulai dari UMKM, bisa ternak sapi, ternak bebek, dan tukang bakso. Apa saja yang di butuhkan masyarakat dan bisa menjadi meningkatkan ekonomi tetap kita bantu", sebut Bupati Zahir.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Azwar mengatakan, pemberian bantuan alat prespisang sale dan alat Scaler guna pemulihan ekonomi di Desa Sumber Makmur Kecamatan Lima Puluh, yang di berikan kepada masyarakat yang mempunyai industri Rumah Tangga di Desa Sumber Makmur yakni sebanyak 100 unit alat pres pisang sale dan 100 unit alat Scaler untuk pengemasan.
  
"Sedangkan untuk Desa Lubuk Hulu Besar kecamatan Datuk Lima Puluh antara lain sebanyak 100 unit dan untuk Desa Lubuk Hulu mendapatkan alat Scaler pengemasan sebanyak 80 unit", sebut Azwar.
 
Dia berharap, pemberian alat bantu ini agar bisa di manfaatkan lebih baik dan bisa meningkatkan penghasilan nantinya.
 
Sementara itu Kepala Desa (Kades) Sumber Makmur Aprianto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Batubara Ir Zahir MAP di Desa Sumber Makmur dan ini merupakan bentuk perhatian khususnya UMKM Desa Sumber Makmur kepada pengrajin pisang sale.
 
“Sebelumnya perlu saya sampaikan, pengrajin pisang sale selama ini menggunakan alat tradisional lebih kurang 30 tahun, maka kami sangat bersyukur atas pemberian bantuan oleh Bupati Batu Bara sebuah alat pres dan scalernya ,” sebut kades Apriyanto.
 
Dan harapan kami kedepannyaterus mendapatkan perhatian dari Pemerintah daerah khususnya Bupati Batu Bara Ir Zahir.
 
Hadir pada kegiatan selain Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP, turut juga Ketua TP-PKK Ny Maya Indriasari Zahir SE, Kadis Ketapang Azwar SP, Setdakab Batu Bara H Sakti Alam Siregar SH, Camat Lima Puluh, Kades Sumber Makmur, Warga penerima bantuan Lat Pres Pisang Sale. 
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.