Banjir Rendam 14.566 Rumah di Aceh Timur, 1 Orang Tewas Terbawa Arus

FOTO : Warga menembus banjir di Banda Aceh, Sabtu (9/5/2020). (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

SUARA DESA -
 
Sebanyak 14.566 unit rumah di Desa Matang, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh diterjang banjir, Minggu (6/12/2020). Satu orang warga bahkan dilaporkan meninggal dunia akibat terbawa arus.  
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi mengungkapkan, data sementara tercatat ada 14.566 unit rumah yang tersebar di 176 desa dalam 17 kecamatan di Aceh Timur yang terendam banjir dengan ketinggian mulai 30 hingga 120 sentimeter. 
 
"Untuk total jumlah pengungsi saat ini 6.409 jiwa atau 1.708 kepala keluarga (KK) di sejumlah kecamatan seperti Madat, Darul Aman, Idi Rayeuk, Pereulak Barat, Nurussalam, Ranto Pereulak, Indra Makmur, Sungai Raya dan Pereulak Timur," jelas Ashadi dilansir Antara, Minggu (6/12/2020). 
 
Bencana alam di penghujung tahun 2020 tersebut juga telah memakan korban jiwa. Remaja 14 tahun bernama Lia Ramadhani, warga Gampong Masjid, Kecamatan Nurussalam, meninggal dunia karena terbawa arus.
 
Tak hanya itu, banjir tersebut juga menyebabkan empat unit jembatan penghubung antar desa di Kabupaten Aceh Timur rusak parah.
 
"Tapi kita masih terus mendata kerusakan berbagai fasilitas umum lainnya serta koordinasi dengan instansi terkait penyaluran logistik melalui Dinas Sosial," jelas dia.
 
Satu unit rumah di Kecamatan Julok juga dilaporkan ikut hanyut terbawa arus akibat hujan deras sejak, Jumat, 4 Desember 2020. 

"Satu unit rumah di Kecamatan Julok milik Rahma Tina (34) hanyut terbawa arus akibat hujan deras akibat air sungai di daerah itu meluap," kata Ashadi.

Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.