Kades Sawit Hulu Bangun Infrasrtuktur dan Lapangan Pekerjaan Untuk Warga Desa

FOTO :  Pembangunan Infrastruktur Jalan di Dusun IV PKS Desa Sawit Hulu (10/12).

SUARA DESA - 

 
Kepala Desa Sawit Hulu Gomer Manalu melaksanakan pembangunan kegiatan dari Dana Desa Tahun 2020, di Desa Sawit Hulu, Kecamatan Sawit Sebrang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Kamis (10/12/2020).

Demikian disampaikan Sekretaris Desa Sawit Hulu Andika Yoga S kepada wartawan, bahwa pihaknya sudah rampung melaksanakan kegiatan di 3 Dusun.

Seperti di Dusun IV PKS, pihaknya sudah rampung melaksanakan pembuatan paving blok sepanjang 85 meter x 3 m dengan biaya Rp 87.449.000 dari dana desa.

Kemudian di Dusun XI Otorita, pembangunan drainase sepanjang 41 meter Rp 20.439.000 dan pembuatan lapangan bola volly di Dusun VIII afd VII dengan biaya Rp 44.180.000," sebutnya Sekdes.

Selanjutnya, pembelian 24 ekor lembu untuk dipelihara di Desa berbiaya Rp 240 juta. Lembu ini dipelihara secara khusus bagi masyarakat yang sudah habis masa pengsiun kerja.

Penetatapan atau pemeliharaan lembu ini kepada masyarakat terlebih dahulu diundi sesuai kesepakatan oleh warga desa. Maka setelah lembu tersebut lama dipelihara dan beranak dan anaknya lepas menyusui.

Maka induk lembu tersebut nantinya akan diberikan kembali kepada orang lain untuk dipelihara dan seterusnya di setiap 11 afdeling," ucap Andika.

Lebih lanjut ucap Sekdes Andika Yoga S, sekitar 70 KK warga Desa Sawit Hulu menerima bantuan Covid 19 tahun 2020 yang diambil dari dana desa selama 3 bulan Rp 600 ribu, dan bulan berikutnya Rp 300 ribu per KK," tandasnya.

Kepala Desa Sawit Hulu Bomer Manalu, sangat mengapresiasi warganya. Dimana selama penggunaan anggaran dana desa maupun dana desa tahun 2020 berjalan sesuai harapan musyawarah desa.

Oleh karenanya untuk 11 Dusun, pihaknya lebih mengedepankan infrastruktur jalan baik menggalakkan ekonomi masyarakat di Desa. Hal tersebut sudah kesepakatan bersama untuk membangun desa, pungkas Kades Gomer.
 
Reporter : Mare
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.