Manfaat Pisang Untuk Wanita

FOTO : Buah Pisang.

SUARA DESA -
 
Ada segudang manfaat pisang untuk wanita yang selama ini kerap diabaikan. Benar sekali, sebenarnya berbagai masalah yang kerap dihadapi wanita bisa menjadikan buah pisang sebagai solusinya. 
 
Mulai dari mengendalikan mood, melancarkan aliran darah, menyehatkan kulit wajah, menjaga berat badan sampai kehamilannya. Manfaat pisang untuk wanita tidak hanya berasal dari daging buah yang empuk, manis, dan mengenyangkan itu. 
 
Akan tetapi, berasal pula dari kulit pisang yang tebal. Limbah kulit pisang dari hasil analisis kimia dalam repository.usu.ac.id menunjukkan ada kandungan air sebesar 68.90 persen.
 
Nah, agar bisa merasakan manfaat pisang untuk wanita, konsumsilah daging buahnya dengan cukup. Jangan terlalu sering mengolah dengan metode goreng dan berbagai campuran manis. Sementara kulitnya, bisa dimanfaatkan dengan dijadikan masker wajah, diusap-usap. 
 
Berikut di rangkum manfaat pisang untuk wanita dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).
 
Mengendalikan Mood

Pisang yang berjenis kepok mengandung senyawa asam amino. Senyawa inilah yang dapat memicu produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang membantu pikiran lebih tenang. 
 
Sehingga suasana hati menjadi lebih stabil dan tidak mudah marah. Manfaat pisang untuk wanita dapat membantu mengatasi stres yang dialaminya saat mendekati masa menstruasi. 
 
Begitu juga menenangkan saat sedang memasuki masa awal kehamilan. Kandungan nutrisi seperti pektin dan kalium inilah penyebabnya. Keduanya memiliki kemampuan sebagai penghilang stres.

Mencegah Penuaan

Pisang yang berjenis merah mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi, seperti vitamin C dan karoten yang membantu memperlambat penuaan. Vitamin C merangsang produksi kolagen, yang merupakan komponen integral dari arsitektur kulit dan rambut.

Manfaat pisang untuk wanita agar penuaan bisa dihindarkan adalah dengan mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya masker. Tidak hanya daging buahnya, kulit pisang bagi wanita bisa pula untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah.

Cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu. 
 
Cukup ambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
 
Murnikan Darah

Buah pisang bisa membantu memurnikan darah pengonsumsinya. Manfaat pisang untuk kesehatan ini bisa didapat dari antioksidan dan vitaminnya. Hingga kualitas aliran darah dan jumlah hemoglobin dapat ditingkatkan.

Tidak sekadar kesehatan biasa, wanita perlu sekali mengonsumsinya. Manfaat pisang untuk wanita akan membuat aliran darah saat mentruasi lebih dikendalikan. Begitu juga hemoglobin dapat lebih cepat ditingkatkan.

Itu artinya masalah anemia bagi wanita bisa ditekan. Entah saat sedang menstruasi atau sedang menjalani proses mengandung janin. Terdapat pula kandungan Vitamin B6 dalam buah pisang. Vitamin B6 ini dapat membantu pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah.

Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang normal adalah kunci kesehatan. Normalnya tekanan darah ini bisa didapat dari manfaat pisang. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium dan mineral dalam buah pisang.

Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mineral penting lainnya untuk kontrol tekanan darah adalah magnesium. Jadi, tinggal pilih saja jenis pisang yang memiliki kalium tinggi.

Memiliki tekanan darah yang normal bagi wanita, akan membuatnya lebih bersemangat menjalani harinya. Emosi lebih mudah diredam, tidak mudah sakit, dan membuat wanita lebih bertenaga atau tidak lemas, lesu, serta letih.
 
Menjaga Berat Badan

Pisang tidak hanya mampu menjaga sistem pencernaan. Manfaat pisang untuk wanita sangat cocok untuk menjaga berat badan idealnya. Hal ini disebabkan karena buah pisang rendah lemak dan kalori.

Buah pisang juga kaya kandungan serat. Jadi, rasa kenyang dan kenaikan berat badan bisa terkontrol dengan lebih baik.

Serat dapat tingkatkan bakteri usus dan kurangi peradangan. Hal ini dapat membantu turunkan risiko obesitas, diabetes, hingga kardiovaskular. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memasukkan pisang dalam menu dietmu, ya.

Glowing

Pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral serta pati dalam jenis kepok yang rebus. Mampu membantu menyehatkan sel-sel dan jaringan kulit di wajah. Vitamin akan memberikan nutrisi pada sel dan mengganti sel-sel yang rusak.

Mengonsumsinya secara teratur akan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sehingga kulit wajah tampak lebih cerah, kencang, dan lebih halus. Tentu saja manfaat pisang untuk wanita ini dapat membuat kulitnya glowing.

Selain mengonsumsi, bisa pula dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah setiap sebelum tidur. Kulit pisang kepok juga baik untuk kulit wajah. 
 
Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Usahakan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari, agar hasil lebih maksimal.

Menyembuhkan Jerawat

Jangan buang kulit pisang yang dipunya atau setelah memakan buahnya. Selain dagingnya, kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Selain jerawat, sel kulit mati pada wajah bisa diangkat karenanya. Caranya dengan membuat makser dari kulit pisang yang sudah di haluskan.

Kemudian oleskan keseluruh permukaan kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Basuh dengan air bersih, dan lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.
 
Tulang

Wanita dapat menjaga kesehatan tulang untuk menjaga bentuk ideal badannya dengan pisang. Mengonsumsinya secara cukup akan membuat tulang lebih kuat karena tubuh lebih mampu menyerap kalsium.

Dilansir dari Journal of Physiology and Biochemistry, buah pisang dapat tingkatkan kesehatan tulang. Manfaat pisang untuk wanita ini berasal dari fructooligosaccharides di dalamnya.

Fructooligosaccharides merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Kalsium yang dapat terserap dengan baik oleh tubuh akan membantu meningkatkan kesehatan tulang. Termasuk dapat menghindarkan dari berbagai masalah kesehatan tulang manusia.

Baik untuk Janin

Pisang memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak. Para ahli gizi kerap menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi pisang. Pisang ambon salah satu jenis pisang yang direkomendasikan.

Hal ini dikarenakan terdapat salah satu kandungan nutrisi dari pisang ambon yaitu asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui kandungan, yang berguna untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Wanita hamil yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kerusakan jaringan otak, atau meningkatkan risiko keguguran. Untuk itu, seorang wanita yang sedang hamil harus selalu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya.
 
Memutihkan Gigi

Manfaat pisang untuk wanita bisa membantu memancarkan kecantikannya dengan menyehatkan dan mencerahkan warna giginya. Manfaat ini bisa didapat dari kulit pisang.

Caranya dengan menggososk kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit setelah menggosoknya. Kemudian bersihkan gigi seperti seperti biasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.

Menghilangkan Mata Panda

Selain jerawat dan sel kulit mati, wanita kerap dihadapkan dengan masalah mata panda. Untuk bisa menghilangkannya, manfaat pisang untuk wanita cocok dijadikan solusinya.

Caranya dengan menyiapkan kulit pisang dan gel lidah buaya. Ambil bagian dalam kulit pisang, dan daging lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini lalu oleskan di sekitar mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.
 
Editor : Diko

 
 
 
 
 
 

No comments

Powered by Blogger.