Wabup DS HMA Yusuf Siregar hadiri Peresmian Kampung Tangguh Desa Jati Kesuma Di Kecamatan Namorambe.

FOTO : Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar bersama Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP  hadiri acara peresmian Kampung Tangguh.

DN7 | Namorambe  -

 
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar bersama Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP  hadiri acara peresmian Kampung Tangguh, yang berlokasi di Desa Jati kesuma Kecamatan Namorambe, Rabu (2/12) Siang.
 
Acara peresmian Kampung Tangguh Desa Jati Kesuma dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan MDA Al Jihad  serta penandatanganan prasasti. 
 
Hadir Juga mendampingi Wakil Bupati Deli Serdang Kadis Perkim Heri Lubis, Kadis Porabudpar Khoirum Rizal, Kadis Perikanan Dan Kelautan Ir Syarifah Alawiyah, Ka BPBD Drs Zainal Abidin Hutagalung, Kaban Kesbangpol Togar Panjaitan, Kadis Pertanian Kamaluddin Ginting, Camat beserta Muspika, Koordinator Kampung Tangguh H Poniman, serta Kades Se- Kecamatan Namorambe.
 
Dalam sambutannya Wakil Bupati Deli Serdang H M Ali Yusuf Siregar mengatakan bahwa saat ini, hampir di seluruh pelosok dunia mengalami musibah pandemi Covid-19, dimana dengan adanya wabah tersebut, tidak hanya berdampak pada kesehatan, akan tetapi lebih dari itu, juga berpengaruh terhadap tatanan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, seperti : menurunnya daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja / buruh, dampak psikologis terhadap individu sebagai akibat karantina mandiri, serta berbagai dampak lainnya. menyikapi kondisi yang demikian ini, diperlukan berbagai upaya preventif, untuk mencegah, agar bencana tersebut, tidak semakin  meluas. 
 
Inilah yang melatarbelakangi, mengapa dibentuknya kampung tangguh, sebagai sarana edukasi untuk mewujudkan kesiapan masyarakat didalam mengantisipasi dampak   yang   ditimbulkan  oleh  covid  19.
 
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan seluruh masyarakat yang ada di tempat ini, mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0201/BS, atas inisiasinya membentuk Kampung Tangguh Desa Jati Kesuma Kecamatan Namorambe ini. 
 
Semoga kehadiran kampung tangguh ini, menjadikan wilayah dan masyarakat Kecamatan Namorambe, tangguh, kuat dan kondusif didalam menghadapi dan mengatasi pandemi Covid-19, dan dapat menjadi contoh bagi wilayah lainnya, untuk melakukan hal yang sama. Kita sama-sama berdoa, pandemi Covid-19 ini, segera berakhir, dan kondisi kehidupan masyarakat,  pulih  kembali. ucap wabup
 
Sebelumnya Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar S.IP mengatakan bahwa ini memang niatan dari kami karna kami sebagai komandan Kodim 0201/BS memiliki wilayah 21 Kecamatan di Kota Medan ditambah 8 Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. 
 
Dari komando atas kami diminta untuk membuat atau mendorong daerah untuk bisa menciptakan suatu areal setidaknya Kampung Desa dan Kelurahan yang memiliki ketangguhan dalam rangka mengantisipasi kerisis yang akan ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.
 
Dandim 0201/BS menjelaskan kami tidak bisa mengandalkan kota Medan karna kondisinya sudah kelurahan arealnya sudah terbatas dan kehidupan masyarakatnya kebanyakan menjadi PNS dan pedagang tentunya tidak sesuai dengan keriteria. 
 
Alhamdulillah kami memiliki 8 Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, sehingga dari 8 kecamatan ini kami mencari  desa mana yang memiliki keriteria yang paling baik untuk menjadi Kampung Tangguh.
 
“Kami Melakukan atau menerapkan indikator dengan membayangkan menggunakan sesuatu yang imajinar, dari keriteria itu maka kami tentukan bahwa Desa Jati Kesuma ini memiliki keriteria yang paling tinggi dan apabila Desa Jati Kesuma di teralis sampai kelangit Desa ini masih bisa bertahan sampai kapan pun karna segalanya ada disini. ucap Dandim.
 
Kampung Tangguh tersebut merupakan bentukan Dandim 0201/BS. Menurut Dandim, Kampung Tangguh diharapkan tangguh terhadap penyakit tangguh dan terhadap ancaman lainnya. Karna semuanya ada disini dari mulai bahan pangan pokok, palawija, peternakan,perikanan, pertanian, serta bahan pangan tambahan lainya.
 
Usai meresmikan Kampung Tangguh,Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar bersama Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar S.IP menyerahkan bantuan kartu anggota tani, bibit sayuran untuk 5 hektar lahan pertanian milik kelompok tani sentosa, konsentrat pakan ternak kepada kelompok tani kesuma maju, kemudian dilanjutkan dengan menabur bibi ikan dan panen jagung, serta peninjauan rumah isolasi Covid-19 untuk warga Desa jati Kesuma Yang terpapar Covid-19.    
 
Reporter : Tim
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.