Bupati Deli Serdang Lepas Ekspor Perdana Keripik Singkong Ke Korea Selatan

FOTO : Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melepas ekspor perdana keripik singkong.

SUARA DESA -
 
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melepas ekspor perdana keripik singkong milik pelaku usaha UKM kabupaten Deli Serdang yaitu PT. Kreasi Lutvi Sejahtera pimpinan Bapak Muhdi SAg. 
 
Acara berlangsung di Aula Gedung P3UD Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (28/1).di Tandai dengan Pemecahan Kendi sekaligus Pemberian SK Pengesahan Kementerian Hukum dan Ham kepada Koperasi Opak Karya Bersama Desa Tuntungan I Kecamatan Pancur Batu
 
Dalam laporannya Kadis Perindag Deli Serdang TM Zaki Aufa mengatakan kegiatan yang kita laksanakan yaitu pelepasan ekspor keripik singkong Produk unggulan Deli Serdang dari PT. Kreasi Lutvi Sejahtera pimpinan Bapak Muhdi SAg. 
 
Kita mengenal dan mengetahui pak Muhadi ini selalu ekspor keripik ubi/singkong ke luar negeri seperti Korea Selatan dan negara lainnya. Selama ini, keripik Pak Muhdi ini memakai nama perusahaan atau PT orang lain kurang lebih 6 tahun. 
 
Dan selama itu juga, kegiatan ekspor keripik Pak muhdi ini tidak menggunakan nama perusahaan sendiri. Namun, Tim yang berada dibawah Dinas Perindag Deli Serdang bersama-sama dengan pak Muhdi membantu dalam hal pembuatan izin perusahaan. 
 
Dan pada hari ini keripik yang dieskpor atas nama perusahaan milik Pak Muhdi. Tujuan Ekspor keripik singkong yaitu dikirim Ke Korea Selatan. Untuk dalam negeri, dikirim ke Lampung dan Jakarta.”Jelas T M. Zaki Aufa.
 
Begitu juga dengan Pimpinan PT. Kreasi Lutvi Sejahtera Bapak Muhdi S.Ag ,sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati H Ashari Tambunan karena telah dibantu dan bersama-sama diundang ke istana Presiden RI pada tahun 2015.
 
“Saya bersama-sama Bapak Bupati H Ashari Tambunan menerima undangan ke Istana Presiden untuk menerima penghargaan Paramakarya Tahun 2015 dan diberikan Langsung oleh Presiden Joko Widodo”.Ungkap Muhdi S.Ag
 
Dijelaskan juga, selama ini kegiatan ekspor Keripik singkong tersebut masih memakai nama perusahaan orang lain. Dan juga berterimaksih kepada Pemkab Deli Serdang terutama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) yang telah membantu mengurus Dokumen dan izin perusahaannya.
 
Kadis Perindag Provinsi Sumatera Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan selamat kepada Pak Muhdi yang telah berjuang dan bersusah payah untuk mengawali ekspor perdana keripik singkong atas nama perusahaannya sendiri. 
 
Pemerintah Provinsi Sumut  mengharapkan sebagai visi Disperindag Sumut untuk Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk “naik kelas”, eksport oriented berbasis ekspor. Pada masa Pandemi ini, ekspor dari Sumatera Utara meningkat terutama pada sektor bahan pangan.
 
Bagi teman-teman dari petani, UKM yang berbasis Pertanian ini peluang besar bagi kita. Pada hari ini udah ada contoh Pak Muhdi, melihat peluang pertanian yang bisa dijadikan basis komoditi untuk di Jual keluar Provinsi Sumut  sekaligus juga diekspor ke luar negeri. Dinas Perindag Provinsi Sumut, siap membantu Pelaku  IKM dan UKM untuk bisa menjadi lebih baik lagi.
 
Dalam Sambutannya, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan sangat bangga dan bersyukur atas peresmian ekspor perdana keripik singkong. Keripik Singkong milik pak Muhdi ini bukan pertama kali diekspor, selama ini Pak Muhdi mengekspor Keripik singkongnya memakai nama perusahaan milik orang lain, dan alhamdulillah hari ini Pak Muhdi memakai nama perusahaannya sendiri yaitu PT Kreasi Lutvi Sejahtera.
 
Saya berharap kepada pelaku IKM dan UKM, pada kegiatan bisa dijadikan contoh dan momentum bahwa produk-produk Kabupaten Deli Serdang bisa masuk pasar mancanegara. Kita bisa mengambil contoh dari Pak Muhdi, beliau di Undang oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara untuk menerima penghargaan langsung dari Presiden. 
 
Dan pada kesempatan yang sama,Presiden pun mengakui Produk Pak Muhdi tersebut merupakan Produk Unggulan dari Kabupaten Deli Serdang. Itu Sebuah kebanggaan bukan hanya untuk Pak Muhdi saja,namun bagi masyarakat Deli Serdang.
 
Bupati H Ashari Tambunan juga menjelaskan tentang Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Kabupaten Deli Serdang yang berlokasi di Tanjung Morawa. Pemkab Deli Serdang berharap dan bercita-cita, bahwa kawasan ini digunakan untuk pelaku usaha UMKM termasuk Industri Rumah Tangga (IKM) bisa bertemu, bersilahturahmi, bertukar informasi, saling memotivasi, dan di tempat ini juga diharapkan kepada pelaku UMKM diberikan pelatihan oleh unsur-unsur yang berkompeten. 
 
Seperti Bapak-bapak dari  Bea Cukai, Balai Karantina, sekaligus Perbankan bisa bertemu langsung dan memberi penjelasan tentang perizinan kepada pelaku UMKM di Deli serdang agar mereka bisa menjadikan meraka lebih giat, mengerti dan maju.
 
Hadir pada Acara tersebut, Kadis Perindag Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Riadil Akhir Lubis, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan dan Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, Asisten II Ekbang Putra Jaya Manalu, para Kepala OPD, Kabag, Camat, Kepala Bidang Fasilitas Kepabean dan Cukai Wilayah 1 Deni Sudrajat, Kepala BEA & CUKAI Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo, Koordinator substansi bidang karantina tumbuhan BBKP Belawan, Nurdin Kamil SP MM, Pimpinan Pelayaran Samudera Indonesia Belawan Budi Sutrisno,Kepala Perbankan, Pelaku UKM dan IKM.
 
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.