Hempaskan Radang Tenggorokan Dengan Jamu Godokan Sirih

FOTO : Ilustrasi daun sirih. (Gambar oleh Huy Dkc dari Pixabay)

SUARA DESA -
 
Di masa pandemi COVID-19, rasa gatal atau nyeri di tenggorokan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Pasalnya gejala penyakit yang disebabkan oleh virus Corona baru itu ditandai dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan hingga batuk. 
 
Padahal, penyakit radang tenggorokan dapat terjadi pada siapa saja. Walau terdengar biasa, namun sebaiknya tidak dibiarkan agar tak bertambah parah. 
 
Menurut dr Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter, radang tenggorokan adalah terjadinya peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini umumnya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan. 
 
“Gejala radang tenggorokan yang sering dialami adalah sakit saat menelan, demam, terdapat benjolan di area leher, suara serak, adanya darah dalam air liur,” tulis Dyah mengutip Klikdokter, Jumat (15/1/2021).
 
Salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan secara sederhana adalah dengan meminum ramuan jamu godokan sirih.
 
Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) jamu godokan sirih bagus dikonsumsi untuk mengatasi radang atau sakit pada tenggorokan.
 
Selain itu, ramuan jamu ini juga berfungsi untuk mengurangi gejala batuk agar tidak menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan kandungan daun sirih yang mengandung anti radang.
 
“Kalau dulu daun sirih digunakan untuk sariawan, ternyata sekarang sudah diproduksi pabrikan sebagai obat kumur dan bagus juga untuk mengurangi sakit gigi,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV dikutip Jumat (15/1/2021).
 
Ratna juga menyampaikan cara membuat jamu godokan sirih yang praktis dan dapat dilakukan di rumah.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bahan-bahan yang segar. Bahan-bahan tersebut yakni:

-5 lembar daun sirih.

-3 ruas jahe emprit.

-10 gram asam jawa.

-1000 cc air.

-75 gram gula aren.

Setelah semua bahan terkumpul maka bahan harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir. Sirih kemudian dirajang halus diikuti dengan memarut jahe.

Rebus semua bahan kecuali rajangan daun sirih dengan api sedang. Setelah ramuan tersebut mendidih, baru masukkan rajangan daun sirih dan masak selama 10 hingga 15 menit.

Setelah hangat, jamu godokan sirih pun dapat digunakan. Jamu ini juga berfungsi sebagai penghilang bau mulut, obat keputihan, memelihara kesehatan kulit, dan menghilangkan bau badan.
 
Editor : Diko

 

No comments

Powered by Blogger.