Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

FOTO : Buah Mangga.

SUARA DESA -
 
Siapa yang tak suka buah mangga?  Buah yang rata-rata berbentuk lonjong, berkulit hijau kekuningan, daging buahnya berwarna orange, dan rasanya asam manis ini banyak digemari hampir semua kalangan. Di balik rasa khasnya yang lezat, ada banyak manfaat buah mangga yang tersembunyi loh.
 
Segudang manfaat buah mangga berasal dari sederet kandungan nutrisi di dalamnya. Sebanyak 165 gram buah mangga, hampir 70 persennya adalah vitamin C. Selain itu, mangga memiliki sejumlah kecil fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium, dan zat besi.
 
Dilansir dari laman klikdokter.com, dr. Adeline Jaclyn mengatakan mangga kaya akan mangiferin, yaitu salah satu jenis antioksidan untuk bantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Vitamin E, C, dan A juga berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh.
 
Berbagai kandungan tersembunyi inilah yang menjadikan manfaat buah mangga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut di ulas manfaat buah mangga dari berbagai sumber, Selasa (5/1/2021).
 
Lancarkan Pencernaan

Buah mangga mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase. Enzim pencernaan memecah molekul makanan yang besar sehingga mudah diserap usus. Mangga juga mengandung banyak air dan serat makanan, sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa dengan sembelit kronis menemukan bahwa makan buah mangga setiap hari lebih efektif dalam meredakan gejala kondisi daripada suplemen yang mengandung serat larut dalam jumlah yang sama. Studi tersebut dilakukan dalam pemantauan selama empat minggu atau sebulan.

Kulit Bercahaya

Memiliki kulit sehat dan bercahaya bisa didapat dari manfaat buah mangga. Mangga merupakan buah yang dipercayai dapat mengurangi noda hitam pada wajah karena kandungan vitamin dan antioksidan yang dimilikinya.

Tak hanya noda hitam, bahkan jerawat kalah melawan vitamin A yang terkandung dalam buah mangga sehingga kulit menjadi putih dan halus. Vitamin A dan beta karoten dalam buah mangga membantu proses regenerasi dan meremajakan kulit.

Kontrol Berat Badan

Serat dalam buah mangga merupakan prebotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Tidak heran mengonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan yang terkait dengan usus. Usus yang sehat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung berat badan yang sehat.

Salah satunya bisa dengan mengonsumsi jus mangga. Daging mangga mengandung serat makanan. Makan makanan berserat tinggi bisa membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Ini bisa mencegah konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.
 
Meratakan Warna Kulit

Wajah yang glowing ditandai dengan warna kulit yang merata. Percaya atau tidak, buah mangga bermanfaat dalam mengatasi belang karena paparan sinar matahari. 
 
Mangga dapat membantu mengembalikan warna asli kulit secara alami. Buah ini punya komponen mendinginkan dan memutihkan alami dan menutrisi kulit yang terbakar matahari.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari. Jika kulit terbakar matahari, bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya.

Caranya dengan menggosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit. 
 
Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

Sehatkan Jantung

Manfaat buah mangga yang tersembunyi dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam mangga semuanya membantu menjaga arteri tetap bekerja dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mangga juga mengandung antioksidan unik yang disebut mangiferin. Antioksidan ini bisa melindungi sel jantung dari peradangan, stres oksidatif dan kematian sel. Selain itu, jus mangga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, trigliserida, dan asam lemak bebas.
 
Kuatkan Kekebalan Tubuh

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan yang baik. 165 gram mangga menyediakan 10% dari kebutuhan vitamin A harian. 
 
Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Sementara itu, tidak mendapatkan cukup vitamin A dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar.

Mangga juga menyediakan hampir tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit, membantu sel-sel ini bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan.

Mencegah Kanker

Buah mangga ditemukan mengandung antioksidan unik yang tidak terdapat pada buah dan sayuran lainnya. Mangga kaya akan polifenol yang berpotensi memiliki sifat antikanker. Polifenol dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang terkait dengan berbagai jenis kanker.

Penelitian tabung reaksi dan hewan menemukan bahwa polifenol mangga mengurangi stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara.
 
Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengonsumsi jus mangga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Ada dua nutrisi utama dalam mangga yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin. 
 
Nutrisi ini terakumulasi di retina mata atau bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal otak, sehingga otak manusia dapat menafsirkan apa yang dilihatnya.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, dan menyerap cahaya berlebih. Buah mangga adalah sumber vitamin A yang baik. 
 
Kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan mata kering dan kebutaan di malam hari. Oleh karena itu, mengonsumsi mangga dapat menjaga kesehatan mata.

Menjaga Rambut

Buah mangga dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Vitamin ini penting untuk memenuhi kebutuhan kolagen dan protein yang memberi struktur pada kulit dan rambut.

Kolagen berfungsi untuk mengenyalkan kulit dan mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu, mangga adalah sumber vitamin A yang baik, yang mendorong pertumbuhan rambut dan produksi sebum atau cairan yang dapat membantu melembapkan kulit kepala, untuk menjaga rambut tetap sehat.
 
Masker Kulit Sensitif

Buah mangga dapat dijadikan sebagai masker untuk kulit sensitif. Buatlah masker wajah dengan mencampur daging buah mangga yang sudah dihaluskan, oatmeal, susu, dan madu.

Cuci wajah dengan air dingin, lalu tepuk-tepuk hingga kering kemudian oleskan masker ini pada kulit wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan selama 15 menit. Wajah akan menjadi lebih segar, halus, tanpa reaksi alergi.

Libido

Manfaat buah mangga ternyata dapat membantu meningkatkan gairah seksual pada manusia. Masih belum diketahui bagaimana mangga dapat meningkatkan gairah seksual, namun kandungan tinggi seperti vitamin E menjadi salah satu faktornya.

Jus mangga merupakan pilihan yang tepat dibandingkan mengonsumsi soda berkafein atau bahkan kopi setiap hari. Terlebih lagi, bagi orang-orang yang sedang diet sebisa mungkin mencoba mengonsumsi jus mangga untuk meningkatkan libido dan meningkatkan kinerja seksual yang jauh lebih baik.
 
Mengatasi Komedo

Alih-alih menggunakan alat penyedot komedo, gunakan saja buah mangga untuk menghilangkannya. Manfaat buah mangga yang tersembunyi ini bisa didapat dengan menjadikannya scrub.

Caranya siapkan scrub buah mangga dengan mencampurkan satu sendok teh daging buah mangga yang sudah dilumatkan, setengah sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu.

Gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo.

Mengontrol Gula Darah

Kelebihan kadar gula dalam darah menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit diabetes. Alasan paling umum yang memicu diabetes terdiri dari tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, serta resistensi insulin.

Buah mangga mengandung kalium yang membantu fungsi otot, jantung, dan saraf. Mineral ini bermanfaat mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah. Ini bisa menjaga denyut nadi yang sehat dan pembuluh darah tetap rileks.

Mengonsumsi jus mangga (tanpa gula) dapat mengatur kadar gula hanya dengan menormalkan kadar insulin, menjaga tingkat tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat. Jus mangga juga mengandung vitamin C yang bisa menurunkan kolesterol.

Mengatasi Keriput

Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu, antioksidan juga dapat berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Mangga mengandung banyak antioksidan dan kolagen yang bisa membuat kulit kenyal dan halus serta membuat kulit kencang. 
 
Secara otomatis mangga bisa mencegah penuaan dini karena efek antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas dan menutrisi kulit dengan kolagen yang membuat kulit nampak awet muda dan kencang.
 
Editor : Diko

 
 
 
 
 
 

No comments

Powered by Blogger.