Truk Pengangkut Material Proyek Melebihi Tonase Hancurkan Jalan ?

FOTO : Kondsi jalan yang rusak akibat dilintasi truk melebihi tonase. (14/01).

 

SUARA DESA -


Satu unit mobil dump truk BK 9667 DC bermuatan material untuk base proyek pengaspalan Hotmix terperosok di tepi jalan jembatan Titi Besi Desa Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Kamis (14/01/2021).
 
Informasi dihimpun, mobil dump truk tersebut diduga mengangkut material proyek pengaspalan jalan di Desa Pematang Rambai menuju Simpang Posko Kecamatan Nibung Hangus. Dampak dari melintasnya truk tersebut, di beberapa titik ruas jalan mengalami kerusakan.
 
Akibat kejadian itu terjadi kemacetan, kenderaan roda dua maupun roda empat yang datang dari arah Tanjung Tiram menuju Ujung Kubu tidak dapat melintas akibat dump truk yang menutupi badan jalan di jembatan Titi Besi itu.
 
Menurut M Hamdani Batubara, Ketua Lembaga Tinggi Komando Pengendalian Stabilitas Ketahanan Nasional Pers Informasi Negara Republik Indonesia (LT-KPSKN.PIN-RI) mengatakan, saat ini Bupati Batu Bara Ir Zahir sedang berpacu melakukan pembangunan infrastruktur tetapi masih ada rekanan proyek yang melakukan pengerjaan mencari keuntungan besar sehingga melupakan kapasitas max jalan.
 
Dalam hal ini ia berharap Dinas terkait lebih ketat lagi dalam melakukan pengawasan terhadap truk yang mengangkut material proyek melebihi over kapasitas, jangan sempat jalan yang rusak dibangun, sedangkan jalan yang sudah ada menjadi rusak, apa pun alasannya pembangunan itu dikelola dari uang negara.
 
Ditegaskan Hamdani, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara melalui Dinas terkait untuk menindak tegas truk pengangkut material yang melebihi tonase.
 
Sementara itu salah seorang pengendara sepeda motor Rahmadani warga Jalan Pasar Rabok Desa Pahlawan, kecamatan Tanjung Tiram, berharap Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara melakukan perbaikan jalan, dengan rusaknya jalan tersebut sangat sulit dilalui karena sempit dan macet.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.