Pemkab Batu Bara Gelontorkan Rp 1.425 M Untuk Pembangunan TPI Tanjung Tiram Yang Modern

FOTO : TPI Tanjung Tiram yg selesai dibangun terlihat modern (01/02).

 

SUARA DESA -


Pedagang ikan dan nelayan di Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara. Mereka sekarang memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru. 
 
TPI memang sangat penting bagi nelayan dan para pedagang ikan, karena mereka menggunakan fasilitas ini sebagai tempat untuk bertransaksi, tentu saja menjadi penopang ekonomi masyarakat.
 
Pemkab Batu Bara membangun TPI Tanjung Tiram yang baru lebih modern dan besar dibandingkan dengan TPI yang lama. Proyek yang dikerjakan Tahun 2020menggunakanaDana Insentif Daerah (DID)dengan menghabiskan dana sekitar Rp 1.425 miliyar sudah rampung.
 
Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara Antoni Ritongah. SP melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ayub Syah Putra SPI menjelaskan, perlu kita garis bawahi bahwasanya TPI itu merupakan Tempat Pelelangan Ikan, nah kedepannya kita akan menyuratiProvinsi tembusan Bupati Batu Bara segera akan kita alih fungsikan menjadi pasar ikan.
 
“Itu pun kita selaku Dinas Perikanan akan audensi ke Setdaatau pun ke Bupati Batu Bara selaku pimpinan kita untuk merubahPerbub, “ ujarnya, Senin (01/02/2021).
 
Karena itu harapan kita bersama, setelah itu ketika sudah berubah fungsi TPI tersebut, kita akan membuat MoU kepada pedagang untuk segera mengisi pendaftaran formulir slot atau lapak dengan fakta integritas bekerja sama, fasilitas tersebut tidak di jual belikan kepada pihak lain dan itu akan di berikan sanksi.
 
Lanjut Ayub, TPI Tanjung Tiram sudah selesai di bangun, ada sekitar 108 sekian slot atau lapak yang sudah di sediahkanPemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan kabupaten Batu Bara. Ia berharap, para pedagang yang berjualan akan segera tertib dan tidak lagi berjualan di luar. 
 
“Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas yang diberikan dan dibangun Pemerintah sekarang ini bisa di gunakan sebaik mungkin dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita khususnya di kabupaten Batu Bara.
 
“Hadirnya TPI Tanjung Tiram yang baru ini memberikan angin segar bagi para pedagang ikan  tentunya akan memberikan prospek penjualan ikan yang lebih baik, “ pungkas Ayub.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.