Pemkab Batu Bara Salurkan Bantuan 435 Coolbox Kepada Pelaku Usaha Perikanan

FOTO : Azmi Kabid TPI dinas perikanan, ini coolbox sebanyak 435 disalurkan kepada pelaku usaha perikanan, (08/02).

SUARA DESA -


Meski dalam suasana Virus Corona (COVID-19) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara melalui Dinas perikanan kabupaten Batu Bara terus berupaya meningkatkan pendapatan pelaku usaha (pedagang) dengan memberikan bantuan peralatan Coolbox (Piber) beberapa pedagang pelaku usaha perikanan.
 
Hal tersebut di katakan PltKepala Dinas (Kadis) Perikanan Antoni Ritongah. SP melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Usaha Perikanan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Azmi, di ruang kerjanya, Senin (08/02/2021).
 
“Kita sudah membuat Juknis, jadi apa yang dibuat itu semua sudah standarisasinya melalui petunjuk teknis untuk Coolbox (Piber) ada dua ketegori yang di tetapkan di dalam Juknis tersebut, “ ujarnya.
 
Pertama adalah yang biasa kita sebut tokeh, jadi tokeh itu mau punya kapal kecil atau kapal besar asalkan sifatnya tokeh, seperti yang saya jelaskan tadi, tokehitu adalah bisa memiliki kapal dan kemudian menyerahkan kapal ke orang, hasilnya dia beli lagi kemudian di jual atau tidak punya kapal tetapi membeli ikan.
 
Dan kedua adalah pedagang baik itu pengumpul atau pengecer, sedangkan pedagang ini kalau diorientasikan yang ada di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Tiram.
 
“Nah, bisa pedagang ember atau pedagang piber yang masuk ketegoriUMKM, “ sebutnya.
 
Di katakan Azmi, cuma memang beberapa dekade terakhir mungkin ada beberapa Subsektor yang tidak tersentuh, nah, pelan-pelan kita akan menjamah semua itu, tentu tidak bisa menyeluruh, tetapi secara bertahap, terkait dengan Visi Bupati Batu Bara dengan pemberdayaan sektor perikanan terus kita kejar.
 
Masih menurut Azmi, piber yang kita berikan sejalan dengan bencana Nasional tentang Pandemi COVID-19, sehingga kebijakan Nasional ada yang namanya Program pemulihan ekonomi Nasional.
 
“Jadi tidak ada terkecuali hampir semua terdampak, maka sektor perikanan memandang sektor-sektor mana yang terdampak, “ ujarnya.
 
Hanya saja tahun anggaran (TA)2020 sumber dana yang kita dapat adalah Dana Insentif Daerah (DID) yang merupakan dana transfer insentif daerah yang masuk dalam kelompok anggaran biaya tak terduga.
 
“Jumlah Coolbox (Piber) yang salurkan kepada pelaku usaha perikanan sebanyak 435 unit dengan ukuran yang berbeda-beda, yaitu Coolbox 220 liter sejumlah 320 unit, sementara ukuran 200 liter 50 unit, 120 liter 50 unit dan 50 liter 15 unit, “ jelas Azmi.
 
Di tambahkannya, selain memberikan bantuan piber, Dinas Perikanan sebelumnya dari awal-awal 2020 sudah melakukan sosialisasi dan memanggil para pelaku usaha perikanan terkait dengan bantuan pibertersebut.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko
 

No comments

Powered by Blogger.