Panen Raya Aman, Produksi Padi di Kabupaten Malang Surplus 70 Ribu Ton

FOTO : Pemerintah Kabupaten Malang optimis produksi padi pada masa panen raya cukup berlimpah (Liputan6.com/Zainul Arifin)

SUARA DESA -
 
Kebutuhan beras di wilayah Malang diyakini tetap aman dan tercukupi. Sebab produksi padi dari petani masih berlimpah dan bahkan surplus. Hasil panen para petani pada tahun ini pun diperkirakan cukup banyak. 
 
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Budiar Anwar, mengatakan untuk produksi padi pada 2020 lalu masih ada surplus sebanyak 70 ribu ton.
 
“Produksi kami pada tahun lalu saja masih surplus, panen tak banyak yang gagal artinya aman,” kata Budiar di Malang, Selasa, 23 Maret 2021.
 
Karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang optimis produksi padi bisa surplus di atas 70 ribu ton. Tapi data secara keseluruhan baru bisa dilihat dan dihitung pada semester pertama pada Juni mendatang.
 
Optimisme itu didukung dengan cuaca sepanjang tahun ini tak begitu ekstrim. Panen raya di wilayah Kabupaten Malang baru di mulai pada April mendatang. Pemkab Malang sendiri punya target produksi padi bisa sebanyak 350 ribu sampai 400 ribu ton per tahun.
 
“Harapan kami target gabah kering giling itu bisa terpenuhi,” ujar Budiar.
 
Luas lahan pertanian padi di Kabupaten Malang baik irigasi teknis, sawah tadah hujan dan lahan pasang surut ada seluas 75 ribu hektare. Produksi padi yang berlimpah menjadikan daerah sebagai salah satu lumbung pertanian wilayah Jawa Timur.
 
Karena stok yang berlimpah itu maka Pemkab Malang menilai kebijakan impor beras tidak perlu dijalankan. Produksi yang surplus itu diyakini diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai lebaran idul fitri 2021 ini.
 
“Kami ingin produk lokal didahulukan diserap pasar, tidak perlu ada beras impor,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid kepada media Senin kemarin.
 
Untuk menggenjot peningkatan produksi, Pemkab Malang tengah getol menanam varietas padi Brang Biji. Varietas ini bakal ditanam di wilayah Malang selatan yang masih banyak lahan pertanian produktif. Produktivitas varietas ini bisa mencapai 15 ton per hektar.
 
“Semakin produktif dan berlimpah, produk lokal ini yang harus diutamakan,” tuturnya.
 
Editor : Diko

 
 

2 comments:

  1. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  2. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.