Bupati Zahir Sambut Kunker Wakil Menteri Perdagangan RI Ke Batu Bara

Foto : Bupati Batu Bara Ir. Zahir pakaikan  kain songket Batu Bara kepada wakil Menteri Perdagangan RI. (suara desa / erwin).

SUARA DESA -


Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP bersama jajaran Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara menyambut kedatangan Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga beserta rombongan di kabupaten Batu Bara, di Aula Rumah Dinas Bupati Komplek PT Inalum Tanjung Gading kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Jum’at (09/04/2021).
 
Agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Menteri Perdagangan tersebut di antaranya membahas badan pengawasan perdagangan berjangka Komoditi, dan tindak lanjut potensi pelaksanaan sistem resi gudang (SRG) dan saat ini terkendala yang dihadapi di kabupaten Batu Bara.
 
“Namun kehadiran Wakil Menteri Perdagangan di kabupaten Batu Bara di harapkan dapat revitalisasi pasar yang ada di kabupaten Batu Bara, “ sebut Bupati Batu Bara Ir Zahir.
 
Pemkab Batu Bara terus berupaya untuk meningkatkan sumbangsih sektor, pertanian, komoditi padi dan cabe, selain itu perikanan yang harus kami lakukan peningkatan perekonomian di kabupaten Batu Bara.
 
Wakil Menteri Perdagangan RI Dr Jerry Sambuaga mengatakan, kita akan Rencana Pembangunan Sistem Resi Gudang (SRG) untuk Komoditi Potensi pertanian di kabupaten Batu Bara yakni, beras dan ikan hasil laut lainnya melalui Anggaran Kementerian Perdagangan, BappebtiBadan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2022.
 
Dijelaskannya, potensi SRG di kabupaten Batu Bara pantas kita dukung, dengan komoditi beras untuk kegiatan Food Station yang direncanakan akan di bangun di Desa Kuala Gunung kecamatan Datuk Lima Puluh.
 
Wakil Menteri Perdagangan selain itu juga menyebutkan, Sistem Resi Gudang (SRG) ikan dalam bentuk ColdStorage yang di rencanakan akan di bangun di Desa Bandar Rahmad kecamatan Tanjung Tiram, serta rencana pembangunan pasar induk yang terintegrasi dengan sektor terkait lainnya di kecamatan Tanjung Tiram melalui Program kegiatan / Anggaran kegiatan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tahun 2023.
 
Lanjutnya, Resi Gudang merupakan instrumen yang memberdayakan petani, di mana komoditi yang dihasilkan mampu memberikan nilai ekonomi dalam bentuk nilai penjamin yang dapat dipergunakan untuk memperoleh kredit dari bank dan lembaga keuangan non bank.
 
Kalau kita lihat potensi komoditas di kabupaten Batu Bara cukup luar biasa, seperti gabah dan cabe, namun kita harus saling bekerjasamadengan Pemerintah Daerah.
 
“Maka bisa kita lakukan pembangunan gudang dan diolah Swasta dengan bekerjasama oleh pihak bank, “ sebutnya.
 
Lebih lanjut di katakannya, Sistem Resi Gudang dengan Undang-UndangNo 9 tahun 2011 Sistem Resi Gudang adalah salah satu instrumen pembiayaan yang mempunyai kepastian hukum menjamin dan melindungi kepentingan masyarakat kelancaran arus barang, episiensi biaya distribusi barang serta mampu menciptakan bidang usaha yang dapat lebih mendukung laju pembangunan nasional.
 
Komoditi Sistem Resi Gudang di antaranya gabah, beras, kopi, kakao, lada, karet, ikan, garam, rumput laut dan jagung.
 
“UMK / Unit Metrologi Legal Metrologi adalah Unit Metrologi yang mengelola satuan-satuan ukur merodapengukuran dan ukur alat-alat persyaratan terbaik dan ukur peraturan yang menyakut berdasarkan Undang-Undang yang bertujuan untuk kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran,“ tandasnya.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko
 

No comments

Powered by Blogger.