Manfaat Berendam Air Dingin Untuk Kesehatan

Foto : Ilustrasi

SUARA DESA -
 
Terapi air dingin atau cryotherapy merupakan praktik menggunakan air dengan suhu sekitar 15 derajat celcius yang berguna untuk pengobatan sekaligus meningkatkan kesehatan. 
 
Terapi air dingin termasuk jenis metode yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari beberapa kondisi tertentu, seperti stres, keseleo otot, hingga peradangan dan nyeri.
 
Selain itu, terapi air dingin juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi peradangan, dan meningkatkan energi dalam tubuh.
 
Meski terkesan dingin dan bikin menggigil, berendam air dingin justru memberikan manfaat baik bagi tubuh dan pembuluh darah. 
 
Dilansir dari Boldsky, berikut 5 manfaat terapi air dingin bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengobati stres hingga meningkatkan kesehatan jantung.
 
1. Mengatasi Stres
 
Terapi air dingin dikenal dapat meningkatkan efek psikologis. Terlebih, jika dikombinasikan dengan terapi lainnya, seperti relaksasi, pijat, dan aromaterapi yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh sehat secara alami. 
 
Terapi air dingin membantu memberikan relaksasi mental, kelelahan mental, kecemasan, depresi, dan meningkatkan kualitas hidup.
 
2. Mengurangi Peradangan
 
Manfaat terapi air dingin bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Terapi air dingin memiliki pengaruh antiinflamasi selama proses pemulihan.
 
Terapi ini berpotensi untuk mengurangi peradangan akibat kondisi stres secara metabolik dan mekanis, seperti latihan intensitas tinggi atau kondisi peradangan paru-paru.
3. Memperbaiki Gejala Asma
 
Berendam di air dingin dapat meningkatkan pernapasan, terutama bagi penderita asma dan penyakit paru obstruktif kronik. 
 
Terapi ini membantu meningkatkan laju metabolisme, konsumsi oksigen, dan fungsi otot pernapasan, sehingga memperbaiki gejala asma. 
 
Beberapa penelitian menyebutkan, berenang di musim dingin dapat membantu meredakan sakit asma pada perenang.
 
4. Mempercepat Pemulihan 
 
Olahraga dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan stres metabolik, mekanis, atau kedua jenis stres pada tubuh. Hal tersebut menyebabkan penurunan kinerja otot rangka, peradangan, pembentukan panas, dan nyeri.
 
Terapi air dingin dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi dengan meningkatkan aliran darah, mengurangi pembengkakan, menormalkan suhu, dan perubahan endokrin lainnya.
 
5. Meningkatkan Kesehatan Jantung
 
Sebuah penelitian mengungkapkan, paparan cuaca dingin atau air dingin dapat menurunkan risiko penyakit jantung, seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang sehat.
 
Terapi tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah koroner secara efektif bila didukung dengan olahraga teratur.

 
 
 

No comments

Powered by Blogger.