Sinabung Kembali Erupsi dan Luncurkan Awan Panas Sejauh 4 Kilometer

Foto : Gunung Sinabung

SUARA DESA -
 
Gunung api Sinabung masih belum menunjukkan keinginan untuk berhenti aktif. Ini ditunjukkannya dengan  kembali erupsi pada Jumat (14/5/2021).
 
Petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra  mengatakan, erupsi terjadi pukul 05.43 WIB dengan mengeluarkan awan panas dengan jarak luncur lebih kurang 4 kilometer ke arah timur, tenggara dan arah angin ke timur. 
 
“Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitude  maksimum 120 mm dengan durasi 397 detik,” ujarnya ketika dihubungi, Jumat (14/5/2021). 
 
Armen menyebutkan, di Hari Raya Idulfitri pada Kamis (13/5/2021) kemarin, Gunung Api Sinabung juga mengeluarkan awan panas. Dan dampaknya masih terlihat hingga Jumat pagi. 
 
“Hingga pagi tadi, sekitaran Sungai Lau Burus terjadi uap panas atau steam dari pertemuan ujung awan panas dengan sungai yang ada di Gunung Api Sinabung,” kata Armen. 
 
Untuk itu Armen kembali mengimbau pengunjung atau wisatawan mau pun masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
 
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, nengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," imbau Armen.
 
Hingga saat ini, Gunung Sinabung (2460 mdpl) di Kabupaten Karo berada pada status Level III (Siaga) dari sejak ditetapkan pada 20 Mei 2019 lalu. (*)
 
Editor : Diko

 

No comments

Powered by Blogger.