Sungai Merbau Meluap Puluhan Rumah di Terjang Banjir

 
Foto : Banjir

SUARA DESA - 

 
Banjir merendam pemukiman warga di Dusun I Panca Bakti, Desa Merbau Selatan, Kecamatan Merbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (27/05/2021).

Puluhan rumah warga yang berada dekat dengan bantaran sungai habis direndam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter. Banjir disebabkan hujan yang turun dengan intensitas tinggi sehingga sungai tidak dapat menampung debit air hingga meluap dan kiriman air dari parit-parit kebun PT Umada dan PT smart, banjir tersebut setidaknya merendam rumah warga, ternak dan perkebunan.

Pantauan awak media BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), turun langsung meninjau dan membantu mengevakuasi warga  yg terkena dampak banjir di Desa Marbau selatan dusun 1 panca bakti Kecamatan Merbau sekaligus memberikan himbauan agar tdk membuang sampah sembarangan.

BPBD (Labura) Sukardi menyampaikan himbauan " Kepada seluruh masyarakat labura yang khususnya yang tinggal di bantaran sungai se Kabupaten (Labura) agar supaya tetap siaga karna di musim penghujan ini bisa saja tiba-tiba datang banjir,"ujarnya.

"Banjir ini bukan saja disebabkan hujan yang sangat lebat akan tetapi juga kiriman air dari hulu, maka dari itu kami (BPBD) menghimbau kepada seluruh masyarakat warga labura untuk menyimpan berkas-berkas dan surat penting agar supaya ketika datang banjir surat-surat berharga tersebut bisa kita amankan,"tambahnya.

BPBD,TNI, Pemerintahan Kecamatan, Desa dibantu masyarakat kini membantu evakuasi warga di sejumlah titik yang aman. Sejumlah warga juga sudah mengungsi ke tempat yang tak tergenang dan hingga kini banjir sudah mulai menyusut mencapai ketinggian 20 Cm.

Reporter : SS/OT
Editor : Diko

No comments

Powered by Blogger.