Manfaat Jus Wortel, Meningkatkan Metabolisme dan Cegah Kanker

Foto : Ilustrasi

SUARA DESA -

Manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat banyak. Sehingga jika dikonsumsi setiap hari tentu akan sangat baik bagi tubuh. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Hal ini yang membuat wortel dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Jus wortel mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Wortel terkenal kandungan vitamin A, yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu, jus wortel mengandung vitamin B, antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, filat, mangan, posfor, magnesium, serta vitamin E.

Selain itu, jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan sejumlah penyakit kronis.

Berikut penjelasan mengenai manfaat jus wortel yang perlu kamu ketahui, yang telah dirangkum dari berabagi sumber, Senin (12/7/2021).

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat jus wortel yang banyak diketahui adalah dapat memberi kesehatan pada mata. Jus wortel dipercaya mengandung vitamin A yang tinggi. Lutein yang terkandung di dalamnya juga dapat menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

2. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bersih

Manfaat jus wortel yang berikutnya adalah membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit yang berminyak dapat membuat wajah tampak kusam. 

Dengan rajin mengonsumsi jus wortel setiap hari dapat mengatasi kulit berminyak. Kulit akan terasa lebih lembut dan bebas minyak sehingga tampak lebih bersih.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jus wortel yang berikutnya adalah melancarkan pencernaan. Jus wortel merupakan sumber serat yang dapat membantu mengatur gerakan usus untuk melancarkan pencernaan. Dengan rajin mengonsumsi jus wortel dapat mengatasi sembelit hingga membantu menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jus wortel yang berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang dimilikinya.

5. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat jus wortel untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme. Vitamin B yang terkandung di dalam jus wortel dapat memecah glukosa, lemak, dan protein untuk digunakan secara efisien oleh tubuh.

6. Membantu Mempertajam Memori

Selain meningkatkan metabolisme, vitamin B yang terkandung di dalam jus wortel juga dapat membantu mempertajam ingatan atau memori. Jika kamu rajin mengonsumsi jus wortel, kamu akan dapat dengan mudah mengerjakan atau mempelajari banyak hal.

7. Membantu Mencegah Kanker

Nutrisi yang terkandung di dalam wortel dipercaya dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Jus wortel juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

8. Menjaga Kehamilan Lebih Sehat

Manfaat jus wortel untuk kesehatan lainnya adalah menjaga kehamilan lebih sehat. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A dalam jus wortel bisa memperkuat tulang bayi di dalam kandungan. 

Rajin mengonsumsi jus wortel saat hamil dapat mencegah terjadi cacat pada saat lahir. Kandungan antioksidannya juga dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

9. Membantu Memperlambat Penuaan

Kandungan beta karoten yang dimiliki jus wortel dapat membantu membersihkan sel-sel mati melalui proses metabolisme. Hal tersebut yang dapat membantu memperlambat proses terjadinya penuaan dini.

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Rajin mengonsumsi jus wortel dapat menjaga kesehatan mulut. Kandungan mineral yang terkandung dalam jus wortel memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya kerusakan pada gigi. Kandungan riboflavin di dalam wortel juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi.

11. Mengurangi Bekas Luka atau Kemerahan Pada Wajah

Manfaat jus wortel untuk kesehatan lainnya adalah dapat menghilangkan bekas luka atau kemerahan pada wajah. Campurkan jus wortel dengan oatmeal dan madu hingga teksturnya menjadi padat, kemudian olahan tersebut dijadikan masker pada wajah.

12. Menurunkan Kolesterol

Dengan rajin mengonsumsi jus wortel dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan serat yang dimilikinya dapat menghambat lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

13. Anti Radang

Jus wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat berguna sebagai anti peradangan. Efeknya hampir sama dengan mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen.

14. Menjaga Kualitas Sperma Semakin Bagus

Rajin mengonsumsi jus wortel juga berdampak baik pada pria. Kadar vitamin A yang tinggi pada jus wortel dapat membuat kualitas sperma semakin bagus.

15. Memberikan Kesehatan Rambut

Jus wortel dapat mengatasi kerontokan rambut dengan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu, jus wortel juga dapat menebalkan rambut dan membuatnya lebih kuat.

Editor : Diko

 

 

 

 

 

 

 

No comments

Powered by Blogger.