Pemanfaatan Lingkungan Yang Ada, Bupati Zahir Lakukan Pengubinan Padi Organik

 

Foto : Bupati Zahir sedang menampi padi organik hasil panen. (Erwin)

 


SUARA DESA -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP turun secara langsung melakukan pengubinan padi Organik di Desa Broholkecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Minggu (11/07/2021).

Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas Pertanian maupun Statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian.

Dari laporan Konsultan UMKM Bank Indonesia Cabang Siantar, pihak BI Perwakilan Siantar bekerja sama dengan kelompok Tani Desa Brohol melakukan uji coba penanaman padi dengan Produk MA 11.

Disebutkan Konsultan UMKM BI Perwakilan Siantar Kunang Dana, Produk MA 11 atau MicrobachterAlfafa meruapakan produk untuk merombak materi Organik dari limbah pertanian menjadi pupuk, pakan, mengembalikan unsur hara tanah hingga dapat menghasilkan energi bersih.

Tidak hanya itu, Bupati Zahir juga langsung melakukan pembersihan dan menimbang berat padi dari hasil pengubinan hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Bupati Batu Bara Zahir mengatakan, pemanfaatan lingkungan yang ada seperti kotoran sapi merupakan pola yang sangat baik. Tetapi dengan penerapan pola seperti ini harus melakukan pembalikan tanah sedalam 35-40 cm.

Dijelaskan Bupati Zahir, pengubinan hari ini untuk melihat hasil dari kerja tim mengelola pupuk kandang yang di permentasiuntuk menghasilkan pupuk N.(Nitrogen), P (Phosphat) nya dari air kelapa dan K (Kalium) dari sabut kelapa, diketahui hasil dari mendapatkan hasil yang meningkat.

Hal ini lahyang menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk mengelola tanah sawah yang kebanyakan sudah jenuh di Batu Bara, Kata Bupati Zahir.

Setelah pengubinan orang nomor satu di kabupaten Batu Bara Zahir secara langsung meninjau kandang lembu Komunal yang mana kandang lembu Komunal tersebut digunakan untuk pengolahan pupuk kandang. Ikut serta dalam pengubinan Perwakilan Bank Indonesia dan Kelompok Tani Anugrah.

Reporter : Erwin

Editor.     : Diko.

No comments

Powered by Blogger.