Qatar Jadi Tuan Rumah Perundingan Damai Afghanistan

Foto : Pasukan Khusus Afghanistan berpatroli di jalan yang sepi selama pertempuran dengan pejuang Taliban di Lashkar Gah, Provinsi Helmand, Afghanistan, Selasa (3/8/2021). (AP Photo/Abdul Khaliq)

SUARA DESA -

Qatar akan menjadi tempat dua pertemuan internasional minggu ini. Tujuannya untuk mendesak pihak-pihak yang bertikai di Afghanistan untuk kembali ke perundingan perdamaian dan mencapai kesepakatan sebelum konflik Afghanistan berkembang secara tidak terkendali, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (10/8/2021).

Usaha diplomatik ini berlangsung di tengah-tengah kemajuan dramatis dari pemberontak Taliban, meskipun Amerika Serikat (AS) melanjutkan serangan udara untuk mendukung pasukan pemerintah Afghanistan.

Usaha ini juga menyusul peringatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) minggu lalu bahwa “perang di Afghanistan sudah memasuki tahap baru, lebih mematikan dan menghancurkan.”

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, dan rekan setaranya dari Rusia, China, dan Pakistan, akan bertemu di Doha, Qatar, pada Rabu dibawah apa yang secara resmi dikenal sebagai “troika yang diperluas,” kata sumber kepada VOA.

Kelompok yang diprakarsai oleh Moskow ini melakukan konsultasi secara teratur guna mendukung penyelenggaraan perundingan Intra Afghanistan.

Tujuannya dalam rangka mencapai penyelesaian politik, dan genjatan senjata yang permanen serta menyeluruh. Troika yang diperluas ini akan melakukan konsultasi sebelum bertemu dengan wakil-wakil Taliban dan pemerintah Kabul di Doha.

 

 

No comments

Powered by Blogger.