Jalur Kereta Api Bandar Tinggi - Kuala Tanjung Beroperasi Awal Tahun 2022

Foto : Direktur Prasarana Perkeretaapian, Harno Trimadibersama bupati dan Kapolres Batubara.

SUARA DESA -

Jalur Kereta Api Bandar Tinggi - Kuala Tanjung direncanakan mulai beroperasi pada awal tahun 2022. Untuk tahap awal, pengoperasian akan dimulai dengan kereta api perintis dan selanjutnya akan disusul dengan pengoperasian kereta api logistik.

"Pembangunan rel kereta api ini tidak hanya sekedar dibangun, namun direncanakan pada Januari atau awal tahun akan dioperasikan kereta api perintis dan disusul dengan pengoperasian kereta api logistik," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian, Harno Trimadi saat kegiatan kunjungan kerja Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, di Stasiun Tanjung Gading, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Kamis (14/10/2021).

Ia mengatakan, terkait perkembangan kedepan, pihaknya ingin melihat jalur kereta api ini dioperasikan terlebih dahulu. Jadi setelah jalur ini dioperasikan, baru dilihat perkembangannya.
 
"Terkait perkembangan kedepan, kami mau melihat ini dioperasikan dulu. Jadi setelah kita operasikan baru kita lihat, mau kita kembangkan atau bagaimana," ujarnya.

Bupati Batubara Zahir menyampaikan, saat ini Kabupaten Batubara ditetapkan menjadi kawasan strategis nasional dengan pembangunan Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung serta kawasan Industri Kuala Tanjung. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Batubara tentunya memerlukan dukungan infrastruktur baik jaringan jalan, jaringan kereta api dan jaringan pelayaran angkutan laut.

Terbangunnya jalur kereta api Bandar Tinggi - Kuala Tanjung, merupakan salah satu contoh dari munculnya citra investasi yang baik bagi investor, dimana kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang mempunyai daya angkut dengan volume besar, waktu perjalanan yang terjamin sehingga membuat investor dapat meminimalisir biaya transportasinya.
 
"Diharapkan pada tahun 2022, jalur kereta api perintis sudah dapat beroperasi. Selain itu, bantuan fasilitas palang pintu perlintasan sebidang, fasilitas keselamatan jalan dari lampu penerangan lahan, rambu-rambu serta pelebaran jalan dapat segera terealisasi," katanya.

Sementara, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Bob Andika Mamana Sitepu melihat sejauh ini pembangunan yang dilaksanakan oleh Balai Perkeretaapian sudah cukup baik.

"Dalam kunjungan ini saya ingin melihat sejauh mana hasil pembangunan yang sudah kita anggarkan bersama Kementerian Perhubungan. Kita cukup bangga, begitu pesat pembangunan yang dilaksanakan oleh Balai Perkeretaapian," ucapnya.

Reporter : Boim

No comments

Powered by Blogger.