Tim Penggerak PKK Medan Dukung UMKM Naik Kelas

Foto : Kahiyang Ayu menerima audiensi Dosen teknik kimia Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT-USU).

SUARA DESA -

Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu menerima audiensi Dosen teknik kimia Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT-USU) Prof. Ir. Lilis Sukeksi, MSc PhD di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (25/10/2021). 

Selain bersilaturahmi pertemuan ini juga membahas peningkatan pengembangan UMKM Kota Medan. Dijelaskan Kahiyang Ayu, TP PKK Kota Medan saat ini tengah fokus membantu Pemko Medan dalam upaya peningkatan UMKM agar naik kelas. 

Oleh karena itu diperlukan dukungan semua pihak termasuk akademisi dalam membantu dan ikut berperan untuk meningkatkan pengembangan UMKM di Kota Medan.

"Dukungan dan peran serta Akademisi sangat dibutuhkan dalam peningkatan pengembangan UMKM di Kota Medan agar naik kelas. Dengan keterlibatan Akademisi ini maka pelaku UMKM dapat berinovasi dan melahirkan produk-produk unggulan lain di pasaran," jelas Ketua TP PKK Kota Medan didampingi Plt Kadis Koperasi dan UMKM, Regen Harahap.

Sebelumnya Prof. Ir. Lilis Sukeksi, MSc PhD, mengatakan, selain bersilaturahmi juga memperlihatkan produk-produk yang dihasilkan dari olahan turunan kelapa kepada Ketua TP PKK Kota Medan.

"Kehadiran saya disini ingin memperlihatkan produk olahan dari kelapa kepada Ibu Ketua TP PKK Kota Medan yaitu berupa sabun mandi, hand sanitizer, minyak kayu putih berbentuk padat, cairan disinfektan hingga lipstik," Jelasnya.

Prof. Lilis berharap kedepannya dapat bekerjasama dengan pengurus TP PKK Kota Medan untuk mempelajari lebih dalam hasil olahan ini dan dikembangkan lagi sehingga dapat menjadi produk hasil UMKM.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua TP PKK Kota Medan pun menginginkan agar pelaku UMKM yang ada menjadi binaan Pemko Medan dapat diberikan edukasi dan pemahaman untuk berinovasi dengan memanfaatkan potensi di wilayah masing-masing.

"Misalnya tanaman mangrove seperti di kawasan Medan bagian Utara kiranya dapat diolah menjadi berbagai produk lainnya dari yang selama ini lazim dihasilkan," ungkap Kahiyang Ayu sembari berharap agar pelaku UMKM di kelurahan bisa mendapatkan pelatihan guna menghasilkan produk yang bagus dan menarik. (*)



No comments

Powered by Blogger.