120 Lansia Menerima Paket Sembako dan 1187 Warga Terdaftar Mendapatkan Bantuan Belajar

Foto : Ketua BK3S Batu Bara di dampingi Bupati Zahir berikan bantuan sembako kepada lansia. (Erwin)

SUARA DESA -

Pemerintah kabupaten Batu Bara memberikan bantuan sosial keluarga lanjut usia (lansia) dan program dukungan pelaksanaan pendidikan Paket A, B dan C kepada masyarakat putus sekolah. Di Aula Rumah Dinas Bupati Komplek PT Inalum Tanjung Gading kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Senin (22/11/2021).

Sebanyak 120 orang lansia menerima paket sembako dan jumlah warga yang terdaftar untuk mendapatkan bantuan belajar di kabupaten Batu Bara adalah 1. 187 orang yang terdiri dari Paket A=43 orang, B=712 orang dan paket C=432 orang.

Kegiatan Bimbingan dan Rehabilitasi Sosial pada keluarga lansia mengacu pada UU No. 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

Sementara itu untuk bantuan pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2009 Tentang Ujian Nasional Untuk Program Paket A, Program Paket B Dan Program Paket C Tahun 2009.

Turut Hadir Kadis Sosial Riyadi dan Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus dan Ketua BK3S Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir.

Bupati Batu Bara Zahir dalam sambutannya mengatakan, dukungan pemberian pendidikan Paket A, paket B dan Paket C untuk anak-anak yang belum punya pendidikan mendapatkan pendidikan secara cepat. Sehingga dapat diberdayakan menjadi wirausahawan.

Salah satunya menjadi wirausahawan Bank Sampah yang mulai banyak dibuat dan didukung oleh Pemerintah yang bekerjasama dengan PKK. Hal ini merupakan salah satu usaha Pemerintah membantu masyarakat mendapatkan Uang dan Lingkungan menjadi Bersih.

“Dan program pendidikan paket A, B dan C untuk membantu anak - anak yang putus sekolah. Dan Tahun depan guru PAUD diberi beasiswa dan anak-anak siswa yang berprestasi dari keluarga tidak mampu,“ ujar Bupati Zahir.

Di katakan Zahir, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan penghormatan kepada bapak dan ibu lanjut usia dan warga belajar dilembaga satuan pendidikan PKBM, atas dedikasi dan perhatian khusus kepada peserta didik dalam penuntasan kesetaraan dan meningkatkan layanan yang maksimal untuk warga yang putus sekolah.

Kepada semua lansia, Saya mau  untuk di Vaksin, karena Imun Vaksin Lansia sangat rentan terkena Virus Covid 19. Karena Lansia bagi saya seperti Bendera Pusaka karena harus dirawat benar-benar penuh dengan kesabaran dan keikhlasan, pungkas Zahir.

Reporter : Erwin

 

No comments

Powered by Blogger.