Banjir Brasil Nyaris Rendam 40 Kota, 18 Orang Tewas

Foto : Banjir akibat hujan lebat di Itapetinga, Negara Bagian Bahia, Brasil, 26 Desember 2021. (Manuella LUANA/AFP)

SUARA DESA -

Musibah banjir juga tengah dialami oleh Brasil, di Amerika Selatan. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

"Banjir besar telah menewaskan sedikitnya 18 orang dan lebih dari 280 orang terluka di wilayah timur laut Brasil," kata para pejabat seperti dikutip dari CNN, Senin (27/12/2021).

Banjir Brasil telah mempengaruhi hampir 40 kota di seluruh negara bagian Bahia, Gubernur Rui Costa mengatakan kepada wartawan di kota Ilheus, salah satu yang paling parah dilanda banjir.

"Ini adalah tragedi besar. Saya tidak ingat pernah melihat hal seperti ini dalam sejarah Bahia baru-baru ini, mengingat jumlah kota dan rumah yang terlibat. Ini benar-benar menakutkan, ada begitu banyak rumah dan jalan yang benar-benar terendam air," kata Costa.

Lebih dari 35.000 orang telah dipaksa meninggalkan rumah mereka, menurut badan pertahanan dan perlindungan sipil Bahia. Di kota Itambe, hujan lebat menyebabkan bendungan jebol pada Sabtu  25 Desember 2021 malam, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan lebih banyak banjir.

Badan meteorologi dan pemantauan bencana alam Brasil memperingatkan ada risiko banjir dan tanah longsor tambahan di Bahia, dengan kemungkinan hujan berlanjut hingga setidaknya Selasa, menurut Agencia Brasil.

Ahli meteorologi CNN Robert Shackelford mengatakan Institut Meteorologi Nasional Brasil telah mengeluarkan peringatan hujan lebat untuk hampir semua Bahia. Kondisi diperkirakan membaik di negara bagian itu Senin dan Selasa, katanya.

"Curah hujan yang meluas selama 48 jam ke depan sedikit membaik, dengan sebagian besar negara bagian melihat hingga 50 mm, tetapi ada daerah lokal dan terisolasi di mana hingga 100 mm dimungkinkan."

Sebagian besar kota-kota besar yang dilanda banjir berada di musim hujan, jadi hujan bukanlah hal yang aneh, kata Shackelford.

"Untuk Itambé, Desember adalah bulan terbasah mereka, di mana mereka mendapatkan curah hujan sekitar 120 mm untuk bulan Desember. Jadi mereka diperkirakan mendapatkan sekitar dua pertiga bulan curah hujan sepanjang acara ini," katanya. (*)

 

 


No comments

Powered by Blogger.