Poniyem Hilang Akibat Erupsi Semeru, Tim SAR Kerahkan 3 SRU

Foto : Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1). (Juni Kriswanto / AFP)

SUARA DESA -

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya I Wayan Suyatna menyatakan, pihaknya mengerahkan  3 SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari Poniyem (50), warga RT 05 RW 07 desa Supiturang, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang, yang dilaporkan hilang paska bencana erupsi Gunung Semeru.

"Ketiga SRU melakukan pencarian setelah mengikuti apel personel tim SAR gabungan yang dipimpin oleh Bupati Lumajang," ujarnya dikutip dari akun Instargram Basarnas Surabaya, Minggu (5/12/2021).

SRU 1 mencari di desa Kajar Kuning dan desa Surah Kobokan. SRU 2 dan SRU 3 melaksanakan pencarian di area Kebondeli. Wayan menambahkan, sebanyak 1 SRU juga disiagakan di Posko Induk yang nantinya dapat dikerahkan sewakty-waktu jika diperlukan.

Adapun pihak-pihak yang ikut terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, KODIM 0821 Lumajang, Polres Lumajang, BPBD provinsi Jawa Timur, BPBD kabupaten Lumajang, Satpol PP, Dishub, Potensi SAR Jember dan Lumajang, RAPI, dan sejumlah organisasi potensi SAR lainnya.

Dalam proses pencarian ini, para personel tim SAR gabungan dilengkapi dengan sejumlah APD (Alat Pelindung Diri), diantaranya kacamata safety, masker, sepatu safety dan lain-lain.

Perkembangan terbaru mengenai kondisi di lapangan akan terus kami perbarui pada kesempatan berikutnya. (*)

 

 

No comments

Powered by Blogger.