Seribu Lebih Imigran di Kota Medan Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer

Foto : Imigran di Medan ikuti vaksinasi Covid-19.

SUARA DESA -

Seribu lebih imigran di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Vaksinasi dilaksanakan Organisasi Internasional untuk Migrasi atau IOM berkolaborasi Dinas Kesehatan Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Vaksinasi Covid-19 untuk para imigran dilaksanakan di salah satu hotel yang berada di kawasan Jalan dr Mansyur. Tampak para imigran dari berbagai camp yang ada di Medan datang dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, dr Mutia Nimpar mengatakan, Vaksinasi Covid-19 untuk para imigran ini dilaksanakan 1 hari.

"Sebanyak 1.300 pengungsi (imigran) di Medan disuntik Vaksin Covid-19 jenis Pfizer," kata Mutia.

Disinggung kenapa jenis Vaksin Covid-19 Pfizer? Mutia mengungkapkan, jenis Vaksin Pfizer lebih diakui untuk internasional. Hal ini tidak terlepas dari status imigran yang berasal dari berbagai negara.

"Ada enam tim yang diturunkan dalam pelaksanaan vaksinasi. Tim ini dari Puskesmas yang ada di kawasan tempat berlangsungnya vaksinasi," ucapnya.

Diterangkan Mutia, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terhadap seribu lebih imigran di Medan dilakukan dengan sistem smart checking yang telah bekerja sama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

"Dari berbagai pengungsi yang ada di Medan, di bawah naungan IOM yang kita vaksin. Vaksinasi dilakukan dengan smart checking, khusus untuk warga negara asing," terangnya.

Ditanya soal imigran anak-anak yang ada di beberapa camp di Kota Medan, Mutia menyebut, mereka juga akan divaksinasi Covid-19. Mutia menyampaikan, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat.

"Vaksinasi untuk anak-anak (imigran) masih menunggu instruksi dari Kemenkes," tandasnya. (*)

 

 

 

No comments

Powered by Blogger.