Mabes TNI AL Bakal Identifikasi Benda Mirip Rudal Betuliskan Made In USA di Selayar

Foto : Nelayan termukan benda mirip rudal di Selayar (Liputan6.com/Istimewa)

SUARA DESA -

Penemuan benda mirip rudal bertuliskan Made In USA di tepi pantai Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan tengah menjadi buah bibir. Benda mirip rudal itu pertama kali ditemukan oleh seorang nelayan saat sedang mencari umpan pada Rabu (9/2/2022) lalu. 

Komandan Pos Pengamatan TNI AL Kabupaten Kepulauan Selayar, Letda Laut (E) Siswandoyo mengatakan bahwa benda mirip rudal tersebut saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian. Ia pun tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengambil alih benda mirip rudal bergambar bendera Amerika Serikat itu untuk diidentifikasi. 

"Saya masih di laut, nanti kalau sudah sampai di kapal kami akan segera berkoordinasi,” kata Siswandoyo kepada Liputan6.com, Jumat (18/2/2022). 

Siswandoyo pun enggan gegabah memastikan apakah benda tersebut adalah betul rudal ataukah dorene laut seperti yang ditemukan pada Desember 2021 di Selayar. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu mengidentifikasi benda itu untuk mengetahui jenisnya. 

"Belum bisa kami pastikan apakah benda itu drone laut atau benaran rudal karena mau diidentifikasi dulu," terangnya. 

Dalam waktu dekat, Posmat TNI AL Kabupaten Kepulauan Selayar akan mengambil alih benda mirip rudal tersebut. Selanjutnya benda tersebut akan langsung dibawa ke Laboratorium Mabes TNI AL untuk diidentifikasi. 

"Setelah diserahkan ke kami maka akan diteliti di Laboratorium Mabes TNI AL,” Siswandoyo memungkasi. 

Seorang nelayan menemunkan benda mencurigakan yang mirip rudal di tepi pantai Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar. Di bagian tengah benda yang terbuat dari besi itu ditemukan gambar bendera Amerika Serikat dan tulisa Made In USA. 

Kapolsek Pasimasunggu, Iptu Danial membenarkan ihwal penemuan benda misterius tersebut. Dia mengatakan bahwa benda mirip rudal itu kini diamankan di markas Polsek Pasimasunggu. 

"Sudah kami amankan setelah mendapat laporan dari masyarakat," kata Danial saat dikonfirmasi, Kamis (17/2/2022). 

Danial menerangkan bahwa benda mirip rudal itu pertama kali ditemukan oleh seorang nelayan bernama Arifin Lewa saat sedang mencari umpan untuk memancing di tepi pantai. Saat itu Arifin tak merasa curiga karena mengira benda itu hanyalah pipa biasa. 

"Ditemukan Tanggal 9 Februari. Pada Sabtu 12 Februari kemarin dia kembali mengecek benda tersebut dan melihat ada lampu berwarna merah berkedip, disitu dia mulai panik," jelasnya. 

Adapun ciri-ciri benda menyerupai rudal itu berukuran sekitar 1,20 sentimeter dengan berat sekitar 5 kilogram. Selain itu terdapat juga tulisan, No. register 26350 dan tulisan WARNING Contains Co2 Gas Under High Pressure Do Not Expose To Temperatur Above 130F (54C) Do Not Drop.

"Kami sementara koordinasi dengan TNI AL untuk meneliti temuan ini. Tapi saya juga akan melaporkan dulu sama pak Kapolres," dia memungkasi. (*)

No comments

Powered by Blogger.