Manager Tehnik Pelindo Cabang Belawan Angkat Bicara Terkait Banjir Rob

Foto : Banjir Rob.

SUARA DESA -

Adanya pemberitaan di media online terkait banjir rob di wilayah Medan Utara khususnya Belawan, Pelindo juga harus bertanggung jawab. 

Manager Tehnik Pelindo Cabang Belawan Bernats Nababan, Senin (16/05/2022) melalui aplikasi WhatSaapp mengatakan. 

Perlu juga adanya data data yang melakukan penimbunan disekitar Belawan, misalnya perusahaan swasta. Termaksud penataan di sepanjang pinggir laut Belawan. Kata Bernats. 

Dermaga kitapun tergenang juga pada saat rob, termaksud jalan yang depan SPBU itu yang tidak pernah sebelumnya.

Disisi laut sungai Belawan, dari Canang sampe Pol Airud yang merupakan HPL Belawan sudah permukiman warga semua yang mangkin menjamur. Ucap Bernats. 

"Jadi banyak faktor, selain ada peninggian permukaan air laut karena pemanasan global, mungkin banyak lagi faktornya, " jelas Bernats Nababan Manager Tehnik Pelindo Cabang Belawan. 

Menanggapi ucapan Bernats Nababan, salah seorang warga Belawan Aang mengatakan, silahkan aja Pelindo ataupun pihak swasta menimbun laut ataupun paluh paluh yang ada di Belawan. Tapi tolong pikirkan masyarakat yang bermukim di Belawan dan cari solusinya agar tidak terjadi banjir rob sampai begini parahnya. Kata Aang. 

Aang juga mengucapkan,  sekarang hampir seluruh warga yang ada di enam Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan kalau sudah banjir rob Jalan dan rumah rumah penduduk pada terendam. Ucap Aang. 

Sebelum adanya penimbunan palu palu dan reklamasi serta penimbunan laut yang ada disekitar Kantor Pelindo Cabang Belawan untuk tangki tangki timbun banjir rob begini tidak pernah terjadi di Belawan. Jelasnya. 

"Saya menduga, seolah olah warga yang bermukim di Belawan mau digusur pelan pelan atau pindah sendiri dari Belawan akibat banjir rob begini, " imbuhnya. 

Terpisah Alboin Sihomping seorang warga Belawan juga mengatakan, akibat banjir rob di Belawan ini, menjadi berkurangnya aktifitas di Pelabuhan Ujung Baru Belawan. Kata Alboin. 

Alboin berharap, kepada bapak bapak yang berkepentingan, Belawan ini adalah

birometer Sumatera Utara (Sumut) dan pelabuhan international, kami masyarakat Belawan berharap untuk memikirkan penanggulangan banjir rob ini  di Belawan ini. Harap Alboin Sihombing. 

Pantauan di lapangan, Senin siang (16/05/2022) hampir seluruh Jalan dan rumah rumah penduduk yang ada di enam Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan terendam banjir rob yang cukup parah. 

Reporter : Nur

No comments

Powered by Blogger.