Reklamasi Pelindo Belawan di Tuding Biang Kerok Banjir Rob

Foto : Banjir Rob Belawan.

SUARA DESA -

Sudah beberapa hari ini pasang Rob menyerang perkampungan warga di enam Kelurahan Kecamatan Medan Belawan. Masyarakat tuding  PT. Pelindo sebagai  biangkerok  penyebab  ketinggian air pasang. Senin malam (16/05/2022) pukul 22.30 Wib.

Di hari ke 3, ketinggian pasang Rob yang naik ke daratan bertambah. Daerah yang terparah diserang pasang Rob terdapat di wilayah  se-Kecamatan Medan Belawan, ribuan rumah warga terendam banjir rob, begitu pula dengan jalan jalan yang ada di Belawan. 

Nelayan Medan Utara dan masyarakat Belawan tuding PT. Pelindo sebagai biangkerok ketinggian air pasang.

"Memang benar, banjir rob di Belawan salah satu dampak dari proyek reklamasi. Makanya, pihak pihak yang melakukan reklamasi yakni Pelindo harus ikut bertanggung jawab", kata Ketua kelompok nelayan tradisional  KUB ( Kelompok Usaha Bersama) Baung Jaya, Legiman, kemaren.

"Kawasan resapan air semangkin berkurang, karena pembangunan Pelabuhan Belawan (Reklamasi). Ditambah lagi PT.  Pelindo  melakukan penimbunan di pinggiran laut  di wilayah sekitar Kantor Pelindo Cabang Belawan untuk pembangunan tangki tangki penimbunan", jelas Legiman. 

Keritikan juga datang dari pemuka masyarakat Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan, dan juga penasehat Aliansi Wartawan Medan Utara ( Awan Mera). Jouhari SH. 

"Menurut kami, langakah yang harus dilakukan Pemerintah kota dengan PT. Pelindo adalah melakukan pengorekan (Pendalaman)  sungai dan pantai yang ada di pesisir Belawan ini. Hal itu dapat mengurangi ketinggian air laut yang naik ke pemungkiman warga, kerena sungai dan pesisir pantai kita dangkal, ditambah lagi sampah dari hilir ke hulu", kata Jouhari SH.

Belawan tidak ada laut yang ada hanya pesisir pantai. Ucap Jouhari. SH. 

Corporate Sosial Responsibility (csr) PT. Pelindo dapat digunakan untuk hal tersebut diatas, itu lebih bijaksana lagi daripada mencari kambing hitam", jelasnya. 

Sekedar diketahui, sebelum proyek reklamasi pembangunan penambahan dermaga Pelabuhan PT. Pelindo, ketinggian pasang Rob tidak sampai ke pemukiman warga, apalagi sampai ke jalan Raya.   

Reklamasi PT. Pelindo menimbun cagar budaya (Alur-red). Tidak tanggung-tanggung, seluruh alur ditimbun dijadikan daratan (Seluas ribuan meter kubik-red). 

Masyarakat tuding reklamasi Pelabuhan Belawan berdampak buruk bagi nelayan skala kecil Medan Utara, dan masyarakat luas atas ketinggian pasang Rob. 

Reporter : Nur

No comments

Powered by Blogger.